Blogger Widgets

Translate

CARA MENGENDALIKAN MIMPI BESERTA PENJELASANYA...

Sunday 15 November 2015
BENARKAH manusia dapat mengendalikan mimpi saat 
tidur? Atau hanya mitos? 

TERNYATA!... seseorang bisa mengendalikan mimpinya apabila ia berada pada kondisi lucid dream




apa itu lucid dream?....

dari bagian katanya
lucid = jelas/cerah/terang
dream = mimpi
jadi secara gamblangnya secara kosa kata lucid dream adalah mimpi yang jelas/cerah/terang.
artinya...lucid dream, yaitu keadaan ketika seseorang menyadari dirinya sedang bermimpi. Dengan lucid dream, seseorang secara sadar bisa mengeksplorasi mimpinya.
tetapi apa sebenarnya lucid dream itu ? fenomena apakah itu ? seperti apa rasanya lucid dream ? dan bagaimana cara melakukanya ?

sebenarnya apa itu lucid dream ?

Lucid Dream adalah mimpi dimana pada saat kalian bermimpi , kalian benar-benar mengalami  kesadaran penuh, kalo sebenarnya kalian sedang berada dalam dunia mimpi  dan kalian dapat merancang mimpi nya sesuka kalian .

Bedanya dengan mimpi biasa, kalian hanya menjalani saja dan tidak sadarm, kalo kalian sedang ada di dunia mimpi pada saat Lucid Dream Indera penciuman dan rangsangan kalian tidak lah mati. Lucid Dreaming di bawah satu tingkat astral projection (cara keluar dari tubuh)

Lucid Dreaming terbagi menjadi tiga.
  • Tingkat Basic. Kalian dapat terbang, menembus tembok, berjalan, berlari.

  • Tingkat Menegah. Kalian dapat memunculkan tokoh tokoh dalam pikiran kalian , seperti orang yang kalian suka , artis , pacar dan teman kalian.

  • Tingkat Ahli. Kalian dapat melakukan hubungan seks , membunuh dan melakukan tindakan tindakan seperti di dunia nyata .

Efek Negatif dari Lucid Dreaming 

Efek negatif untuk fisik menurut ahli dalam bidang ini yang di takutkan adalah terjadi sleep apnea dimana tubuh anda berhenti bernafas dan Efek untuk bathin nya kalian jadi males berusaha di dunia nyata, karena kalian bisa mendapatkan semua nya di dunia mimpi 


fenomena apakah itu ?

Fenomena lucid dream ini sebenarnya telah banyak disebutkan di masa masa lampau, hanya saja baru beberapa dekade ke belakang ini, komunitas sains mulai mengakui keberadaan fenomena satu ini.
Dimulai dari para suku indian (para dukun shaman) mereka menerapkan suatu bentuk meditasi yang mampu untuk mempertahankan kesadaran meskipun tubuh sudah beristirahat.
kemudian abad ke 5, sebuah surat dari St. Augustine menyebutkan bahwa dia sadar dalam mimpinya.

kemudian abad ke 8 lucid dream kembali terekam oleh para biksu tibet, pada buku berjudul 'Tibetan Book of the Dead', dalam buku tersebut, para biksu tibet menerapkan suatu bentuk meditasi yoga yang mampu mengajarkan untuk menjaga kesadaran dalam mimpi.

awal abad 19 seorang ilmuwan bernama Marquis d'Hervey de Saint-Denys menerbitkan sebuah buku berjudul 'Dreams and How to Guide Them', dimana buku ini berisi mengenai dokumentasi dari kegiatannya meneliti mimpi selama 20 tahun, dan dibuku ini dijelaskan selangkah demi selangkah perkembangan kemampuannya dalam mengontrol mimpi, dimulai dari dream recall, hingga control mimpi.

kemudian psikolog dan ilmuwan mimpi dari belanda bernama Frederick Van Eeden, merupakan orang pertama yang menggunakan istilah 'Lucid Dream' dan pada tahun 1913, dia menerbitkan jurnal pada komunitas ilmuwan psikolog mengenai lucid dream dimana pada jurnal ini, dia merekam 352 lucid dream yang dialaminya dari tahun 1898 dan 1912. judul jurnal ini adalah 'A Study of Dreams'.

dan tahun beberapa tahun belakangan ini terdengar sebuah nama 'Dr.Stepehen laberge' dosen stanford yang tertarik dengan dunia lucid dream. berkat hasil penelitiannya dengan dr. Lynn Nagel, komunitas ilmuwan mulai mengakui lucid dream secara sains.

Ketika kita mencapai tingkat lucidity tertinggi, kita menjalani kehidupan alam mimpi hingga 80% seperti kehidupan nyata, seperti saraf-saraf yang terasa aktif bekerja, visual yang baik, indra perasa, pendengar, atau peraba yang mungkin sama seperti keadaan normal ketika kita berada di kehidupan nyata.

Frederick van Eeden, seorang psikolog dan ilmuwan Belanda, menjadi orang pertama yang menggunakan istilah lucid dream, melalui jurnalnya, “A Study of Dreams”, tahun 1913. Lucid dream bisa diartikan sebagai “mimpi yang jelas”, dari bahasa Latin Lux=cahaya dan dream=mimpi. Dalam jurnal tersebut, ia merekam 352 lucid dream yang dialaminya dari tahun 1898 dan 1912.

Jika hal ini terus dikembangkan, akan menjadi prospek yang baik untuk kepentingan masyarakat kelak, entah sebagai terapi, meditasi, atau sejenisnya. Sejak berabad-abad fenomena lucid dream telah banyak disebutkan. Tetapi baru beberapa dekade ini, atau sejak Dr. Stepehen Laberge, seorang dosen di Stanford University dan dr. Lynn Nagel, memberikan hasil penelitiannya, komunitas sains mulai mengakui keberadaan fenomena lucid dream.

Suku Indian, misalnya. Para shaman (dukun) menerapkan suatu bentuk meditasi yang mampu untuk mempertahankan kesadaran meskipun tubuh sudah beristirahat. Pada abad ke-5, sebuah surat dari St. Augustine menyebutkan bahwa ia tersadar dalam mimpinya. Abad ke-8, lucid dream kembali terekam oleh para biksu tibet, pada buku “Tibetan Book of the Dead”, mereka menerapkan suatu bentuk meditasi yoga yang mampu mengajarkan bagaimana menjaga kesadaran dalam mimpi.

Hingga wwal abad ke-19, seorang ilmuwan, Marquis d’Hervey de Saint-Denys menerbitkan sebuah buku, “Dreams and How to Guide Them”. Berisi mengenai dokumentasi dari kegiatannya meneliti mimpi selama 20 tahun, di dalamnya dijelaskan selangkah demi selangkah perkembangan kemampuannya dalam mengontrol mimpi, termasuk dream recall, kondisi mengingat jelas pengalaman saat bermimpi.

Untuk lebih memahami lucid dream, tontonlah film “Inception”, besutan sutradara Christoper Nolan. Aktor Leonardo DiCaprio dan kelompoknya, dalam film tersebut mampu mengendalikan mimpi yang terhubung satu sama lain. Mereka mampu mengorek informasi penting dari lawan mereka atau mempengaruhi orang untuk mengambil keputusan penting. Mimpi mereka pun berlapis-lapis, artinya ada tingkatan kedalaman mimpi atau tingkat keterlelapan.
seperti apa rasanya lucid dream ?

Kita semua bermimpi berdasarkan memori kita. Aku jujur kaget banget waktu tahu temen-temenku bilang di dalem mimpi, indera kita tidak berfungsi dnegan baik. Mungkin mimpi mereka buram sehingga mereka tidak bisa merasakannya.

Mengecap, membau, melihat, mendengar, merasakan, dapat dirasakan sangaaaat jelas di dalam lucid dream. Itu karena otak kita menipu kita dengan mengirimkan informasi yang telah kita rasakan sebelumnya.

Melihat: Kamu bisa loh melihat dalam mimpi dengan sangaaaat jelas. Pelajari cara membuat mimpi stabil dan lebih jernih untuk itu.

Mendengar: Sama seperti penglihatan, indera ini juga bekerja normal bahkan pada mimpi biasa.

Membau: Hal yang tidak sering muncul pada mimpi biasa. Di lucid dream, bau juga muncul loh! Coba bayangkah sebuah tong sampah didepanmu. Dikelilingi oleh lalat, banyak tikus mati, pasti di mimpimu akan tercium baunya.

Mengecap : Bayangkan ada sebuah kue cokelat didepanmu. Dengan atasan krim yang lembut. Selai cokelat gurih dan renyah yang kadang menggigit. Ditabur bubuk emas, mmmm, nikmat rasanya. Di lucid dream, makanan yang kamu rasa akan lebih nikmat! Itu karena otakmu menginginkan yang 'perfect' untuk kamu. Enggak ada yang namanya kolesterol tinggi disini!

Merasakan : Kamu dapat menyentuh pasir di laut, dan merasakan tekturnya. Tekstur lucid dream memang sellau menarik.

Terkadang, saat kita coba untuk merasakaan sesuatu yang kita belum pernah rasakan, otak kita hanya akan memberikan kita rasa apa yang mungkin kita akan rasakan (tebak tebakan).

Jadi intinya lucid dream bisa terasa sangat nyata! Jangan remehkan indera atau rasa-rasa di dalam dunia mimpi, karena mereka bisa menjadi sangat nyata. contohnya : saya pernah hajar sebuah tembok dengan kaki saya - saya pun terbangun dengan rasa sakit yang sangat buruk di kaki saya. Setelah dua detik, saya sadar rasa sakit itu palsu.

 bagaimana cara melakukanya ?
(
NOTE : Tanggung jawab sendiri ya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang mempraktikan Lucid Dreaming)
  • Buatlah dimana keadaan tubuh anda santai , biasakan menggunakan pakaian yang nyaman seperti piyama dan celana nya , lalu coba berbaring dan rileks .
  • Tetap lah tersadar dengan cara atur pernafasan anda walau tubuh anda semakin lemas dan akhirnya akan masuk pada tahap tindihan atau (sleep paralysed ) APA ITU SLEEP PARALYSIS ?.....
  • Pada Tahap Sleep Paralysed , dimana tubuh anda tidak dapat bergerak tetapi pikiran anda tetap sadar , anda tidak bisa bergerak walaupun anda mencoba untuk menggerakan tubuh anda , tetaplah tersadar dan jangan takut , dan jangan pernah melakukan sesuatu yang dapat merusak Sleep Paralysed .
  • Lalu anda akan mengalami beberapa transisi memasuki ruang hitam dan tetaplah tersadar .


mungkin cukup sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf jika ada kekurangan/pertanyaan/kritikan silakan komentar 



jangan lupa follow twitter saya 


dan facebook saya

dan like fans page saya
Dan follow ig saya

1 comments:

  1. Saya sudah dua kali mengalaminya tapi tidak bisa lama atau hanya beberapa detik sudah terbangung duluan. Btw itu artikelnya tulisanya terlalu kecil, coba di perbaiki lagi dah. Thanks

Post a Comment